Beranda > Tips dan Trik > 20 Tips Mengelola Waktu Dengan Baik

20 Tips Mengelola Waktu Dengan Baik


Tulisan ini saya specialkan buat rekan kerja sekaligus sahabat baik saya Trie Romanniyah, Staff Marketing PT.VS Technology Indonesia,sebuah perusahaan asing yang bergerak di bidang Electronic manufacturing.

Demi efektifnya pengunaan waktu anda,dibawah ini ada 20 tips yang mungkin bisa membantu anda untuk bisa mengelola waktu dengan baik.Silahkan disimak :

1.Buatlah selalu rencana harian yang juga mencakup prioritas kerja.

2.Buat rencana mingguan pada hasri Senin.

3.Delegasikan tugas-tugas rutin yang tidak vital.

4.Tetapkan batas waktu bila anda mendelegasikan tugas.

5.Tetapkan batas waktu untuk setiap kegiatan anda.Untuk pekerjaan yang belum pernah dikerjakan, tentukan batas waktu yang sedikit menantang. Untuk pekerjaan yang baru pertama kali dikerjakan, tetapkanlah batas waktu sedang, untuk mengurangi terjadinya kesalahan.

6.Ketika mengangkat gagang telepon, ingatlah kegiatan yang belum dilaksanakan.

7.Siapkan selalu dikantung anda kertas kosong berukuran 8×6 cm untuk menuliskan gagasan-gagasan spontan.

8.Jika andamenunda suatu pekerjaa, carilah hambatannya, kemudian pecahkan menjadi pekerjaan-pekerjaan kecil yan gtidak berat untuk dilaksanakan.

9.Hentikan segera kegiatan yang tidak produktif, seperti berbicara bertele-tele dipesawat telepon, diskusi yang tidak jelas arahnya, mengobrol dsb.

10.Peringatkan diri anda bila keluar jalur, misalnya dengan bertanya, “Mengkhayalkah saya?” , “Terlalu lamakah saya berbicara di pesawat telepon?” dst.

11.Tangani setiap berkas hanya sekali, singkirkanberkas yang belum diperlukan dan jangan selalu menginginkan hasil yang sempurna.

12.Bila layak dilakukan, jawablah surat langsung dikertas surat yang bersangkutan.

13.Handaklah meja kerja Anda selalu bersih dan siap pakai, serta letakkan berkas masalah yang diprioritaskan ditengah-tengah.

14.Sediakan tempat khusus bagi semua peralatan yang sering digunakan, sehingga mudah ditemukan bila diperlukan.

15.Bila membaca, bacalah sepintas sambil menggaris bawahi kata-kata penting.

16.Bila seseorang sedang berbicara dengan Anda, dengarkan dengan seksama, tanyakan langsung apa yang kurang jelas.

17.Katakan “Tidak” pada rekan sekerja yang minta bantuan, bila anda sedang sibuk.

18.Tuliskan apa yang ada dalam pikiran Anda disecarik kertas. Tulisan ini akan lebih memotivasi Anda untuk melaksanakan gagasan yang tertulis itu

19.Kenali waktu paling produltif Anda setiap hari dan gunakan waktu tersebut untuk mengerjakan prioritas Anda.

20.Gunakan komunikasi tertulis dengan rekan yang senang berbicara lama ditelepon.

Banyak yang telah mencoba tips diatas dengan hasil yang cukup baik. Terlebih dari itu, faktor manusia tentu saja sangat menentukan. Yaitu sampai sejauh mana yang bersangkutan menghargai waktu dan berniat menggunakannya seefektif mungkin.

Semoga bermanfaat

Kategori:Tips dan Trik
  1. April 21, 2010 pukul 19:00

    Tips menarik sob…..thanks ya..sangat berguna

    salam

    • April 27, 2010 pukul 12:10

      Terima kasih atas kunjungannya.
      Saya juga sedang mencoba untuk mengimplementasikannya.
      Semoga hasilnya sesuai dgn yg diharapkan.

  2. Siti Fatimah Ahmad
    Mei 10, 2010 pukul 10:32

    Assalaamu’alaikum

    Sungguh bertuah teman anda kerana punya sahabat yang mahu mengambil berat di atas kesibukan yang dialaminya lalu disaran lagi dengan tips-tips pemgelolaan waketu yang memberi manfaat. apa kalian berdua ini seperti mentor dan mentee ya. Semoga persahabatan anda cukup indah dengan pesan-pesan yang bagus itu.

    Mas, mana posting barunya. Apakah masih sibuk lagi ? Ditunggu ya untuk tulisan yang lebih mantap.

    Salam mesra dari saya di Sarawak, Malaysia.

    • Mei 25, 2010 pukul 12:35

      Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya,sepertinya sering mampir,sampai tahu saya belum buat tulisan baru lagi.Thank you so much.
      Sudah hampir 1 bulan saya vakum diBlog,harap maklum.Kerjaan lagi banyak-banyaknya.
      Saya seperti mendapat energi dan semangat baru untuk tetap menulis setelah membaca komentar dari Siti Fatimah Ahmad.
      Terima kasih yang tak terhingga untuk Siti Fatimah Ahmad.

      Salam hangat dari Cikarang,Jakarta-Indonesia.

  3. Tri Romanniyah
    Juni 1, 2010 pukul 09:26

    thanks atas tips yg dh special ditulis bt aq,,,
    kan ku cb dech tipsnya….
    ehmmmm,,,,tp bs g yach,,,heheheh,,,,,

    • Juni 1, 2010 pukul 11:56

      Pasti bisa..!!!
      Tinggal konsisten dan disiplin..

  4. Maret 26, 2013 pukul 15:07

    Newly published books can fill shelves very quickly.
    These books are presented in digital format that can
    be taken anywhere and can be accessed with a click. Some other
    uses for flash cards besides using them for definitions and
    terms, you may want to use them to remember
    math equations, remember important images, remember graphs,
    or even play a flash card math game.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: